Sejarah



Program Studi S-1 Informatika Fakultas Sains dan Informatika (FSI) Universitas Jenderal Achmad Yani (Unjani) Cimahi diselenggarakan sejak 28 September 2005. Program Studi Informatika Unjani menghasilkan lulusan yang mampu mengaplikasikan dan mengembangkan Teknologi Informasi dengan kompetensi utama membangun Perangkat Lunak yang meliputi 2 peminatan studi yaitu Artificial Intelligence and Game (AIG) dan Data and Software Engineering (DSE). Program studi Informatika telah terakreditasi B oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) berlaku hingga tahun 2020. Berbagai prestasi telah diraih antara lain Juara 2 Nasional NCAR (National Competition Augmented Reality) tahun 2016. Setiap tahun 3 hingga 5 kelompok lolos dalam PKM (Program Kreatifitas Mahasiswa) Nasional, mengikuti berbagai seminar dan publikasi penelitian nasional dan internasional serta meraih berbagai penghargaan seperti pada Seminar Nasional SNATI, 2 tahun berturut-turut menjadi Best Paper tahun 2017 dan 2018. Beberapa mahasiswa berhasil publikasi penelitian dalam Seminar Internasional yang terindeks SCOPUS dan masuk IEEE Journal/Paper sekitar 4 judul. Tahun 2015 meraih Perunggu dalam PIMNAS (Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional) UHO di Kendari. Unit mahasiswa IF Unjani  CETIF aktif dalam channel youtube ‘Cetif Unjani’ yang berisi berbagai video tutorial pemrograman. Mahasiswa juga ikut berpartisipasi berbagai event seperti CPC (Competitive Programming Contest) Fasilkom UI. Prodi Informatika FSI Unjani dari tahun 2017 telah menggunakan kurikulum berbasis Kerangka Kompetensi Nasional Indonesia (KKNI) untuk meningkatkan mutu lulusan yang dapat bersaing dalam Revolusi Industri 4.0.

Kontak Email : informatika@unjani.ac.id


Visi & Misi


Profil Informatika Unjani

Profil lulusan Prodi Informatika Unjani adalah sebagai Software Engineer yang mampu bersaing menghadapi revolusi industri 4,0 sehingga dikelompokkan menjadi dua peminatan, yaitu Artificial Intelligence dan Game (AIG) dan Data dan Software Engineering (DSE). Pada kelompok peminatan AIG lulusan memiliki kemampuan untuk mengembangkan Artificial Intelligence, mengimplementasikan Machine Learning, mengembangkan Software multimedia dan game. Merekayasa  suatu  mesin  sehingga  mempunyai intelligence  tertentu,  mampu membangun aplikasi game dan sistem berbasis multimedia dengan memanfaatkan framework dan tools terkini. Pada Peminatan DSE lulusan memiliki kemampuan untuk mengembangkan perangkat lunak sesuai kebutuhan organisasi, mampu melakukan validasi kualitas perangkat lunak, mampu menganalisis sistem, memilih alternatif pemecahan masalah, merancang dan mengimplementasikannya pada proses pengembangan perangkat lunak. Mampu  melakukan validasi, mengawasi,  melakukan kontrol dan review terhadap kualitas perangkat lunak. Prospek Kerja lulusan Prodi IF attara lain : Software Developer, Data & Software Engineer, Multimedia & Game Developer, Artificial Intellegence Enginneer, Machine Learning Engineer, Software Tester, Software Quality Assurance, Database administrator, Data Entry Supervisor, Webmaster dll