Sejarah



Program studi S-1 Informatika / Ilmu Komputer Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Jenderal Achmad Yani Bandung diselenggarakan sejak 28 September 2005, yang semula bernama Program Studi Ilmu Komputer berdasarkan surat keputusan Direktur Jendral Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 3167/D/T/2005 tanggal 28 September 2005. Selanjutnya, izin penyelenggaraan tersebut telah diperbaharui dengan Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 48/D/T/2008 tanggal 9 Januari 2008 tentang Perpanjangan Ulang Ijin Penyelenggaraan Program Studi Ilmu Komputer Strata Satu (S-1) pada Universitas Jenderal Achmad Yani.

Pada tahun 2007, terjadi penggantian nama menjadi Program Studi Teknik Informatika, berdasarkan Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor : 163/DIKTI/KEP/2007 tentang Penataan dan kodifikasi program studi pada Perguruan Tinggi.

Pada tahun 2010, terjadi kembali penggantian nama menjadi Program Studi Ilmu Komputer / Informatika, berdasarkan Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor : 1030/D/T/2010 tentang Penataan Nomenklatur Program Studi Psikologi, Komunikasi, Komputer dan Lanskap.

Kontak Email : info@if.unjani.ac.id


Visi & Misi

Menjadi Jurusan yang unggul bertaraf internasional yang berjiwa kebangsaan dan berwawasan lingkungan

  1. Menyelenggarakan proses pendidikan dengan kurikulum berbasis kompetensi pada bidang informatika yang visioner.
  2. Mendidik mahasiswa melalui tahap-tahap knowledge, understand, apply, analyze, evaluate, dan creativity dalam menyerap setiap pengetahuan dan/ atau menyelesaikan sebuah permasalahan, sehingga mahasiswa memiliki kemampuan yang tinggi dalam bidang informatika dan komputer
  3. Mendorong mahasiswa untuk menghasilkan karya-karya inovatif dalam bidang informatika dan komputer yang dapat diimplementasikan pada berbagai bidang
  4. Mengembangkan penelitian-penelitian pada bidang informatika dan komputer serta mengaplikasikan dalam berbabagi bidang.
  5. Menjalin kerjasama dengan dunia bisnis maupun dunia pemerintahan, sehingga dapat menjadi jembatan pengetahuan dan konsultasi, khususnya di bidang teknologi informasi dan komunikasi


Tujuan

  1. Menyiapkan mahasiswa untuk memasuki dunia pekerjaan dan menjadi seorang ahli informatika dan komputer yang handal melalui pendidikan, pengajaran, penelitian dan praktik-praktik yang bersinggungan baik secara langsung maupun tidak langsung dengan dunia pekerjaan.
  2. Menitikberatkan pengajaran dan pendidikan kepada bidang ilmu rekayasa perangkat lunak, sistem informasi, dan kecerdasan buatan serta ilmu-ilmu terapannya. Mendukung kegiatan mahasiwa yang mampu mengasah hard-skill dan soft-skill, seperti kegiatan-kegiatan organisasi dan kegiatan-kegiatan kemahasiswaan lainnya.